22.11.08

the bank job

sudah banyak film-film yang bercerita tentang perampokan, seperti misalnya (yang aku tonton dan masih inget): the heat, ocean's eleven, ocean's twelve, the italian job, dan lain lain.

salah satu film perampokan yang baru saja aku tonton tadi malem (padahal beli dvdnya dah beberapa hari yang lalu sih), adalah the bank job, based on true story.

pemainnya: jason statham (the transporter), saffron burrows (jaws 4).

ceritanya diawali dengan seoarang penjual mobil, terry, yang sering didatangi debt collector. lalu datang mantan kekasihnya, martine, yang menawarkan kesempatan untuk kerjasama dan menghasilkan uang, yaitu merampok bank.

terry menerima tawaran tersebut, dan dengan dibantu oleh beberapa rekannya. rencana dilaksanakan dengan cara menggali lubang bawah tanah melalui sebuah toko yang bersebelahan dengan bank tersebut, dan ada seorang rekan dari gedung seberang menggunakan walkie talkie untuk mengamati keadaan sekitar. sayang sekali, justru pembicaraan antara terry dan rekannya ini berhasil ditangkap oleh pendengar radio amatir yang kemudian melaporkan ke polisi bahwa sebuah perampokan sedang berjalan. tapi karena banyaknya bank yang harus dicek, akhirnya perampokan ini tidak bisa digagalkan.

yang tidak diketahui terry sebelumnya adalah adanya misi tersembunyi dari martine untuk mendapatkan foto-foto rahasia seorang perempuan anggota keluarga kerajaan Inggris. namun misi tersembunyi martine ini diketahui setelah terry mencurigai martine membongkar sendiri salah satu deposit box.

selain foto-foto perempuan keluarga kerajaan tersebut, ternyata ditemukan juga beberapa foto dari pejabat setempat yang sedang melakukan aksinya di sebuah klab porno, dan sebuah buku milik pengusaha klab malam yang berisi daftar orang-orang yang disuapnya.
dari sinilah cerita berkembang menjadi perburuan foto dan dokumen-dokumen yang jika sampai tersebar akan mengakibatkan hancurnya nama, karir maupun usaha beberapa orang.

namun dengan kecerdikan terry, dengan dibantu oleh martine, mereka berhasil memanfaatkan orang-orang yang berkepentingan dengan foto dan dokumen diatas untuk lolos dari jeratan hukum akibat merampok bank, dan mengakibatkan penangkapan besar2an terhadap pejabat-pejabat kepolisian yang ternyata korup.

film yang cukup menarik untuk dilihat, dimana jalan cerita tidak monoton dan mengalir.
jika ada waktu, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk melihat film ini, apalagi film ini
dibuat berdasarkan kisah nyata yang memang dirahasiakan karena menyangkut orang orang penting di Inggris sana.

22 november 2008

1 comment:

  1. klo saya suka italian job :), suka kebut-kebutannya ama mini cooper :). salam kenal mas sles :)

    ReplyDelete